Minggu, 07 Agustus 2016

TUGAS UAS SISTEM PENGEMBANGAN EVALUASI 2


Text Box: Nama  : Noviana Ummi I
NIM/ Kelas : 133111395/ 6K
TUGAS UAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
MEMBUAT CONTOH PANDUAN OBSERVASI, WAWANCARA, SKALA SIKAP, LEMBAR PORTOFOLIO

Nama Sekolah             : MA Surakarta
Mata pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas                           : X
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Kurikulum                   : Kurikulum 2013
No
KD
Indikator
Bentuk Tes
1
1.6. Menghayati makna syukur, qana’ah, ridha, dan sabar
1.6.1. Siswa mampu menunjukkan sikap syukur sebagai bentuk pengamalan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
·         Wawancara
·         Skala sikap
·         Portofolio
1.6.2. Siswa mampu menunjukkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari
·         Wawancara
·         Skala sikap
·         Portofolio
1.6.3. Siswa mampu menunjukkan sikap qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
·         Wawancara
·         Skala sikap
·         Portofolio
2
2.6. Terbiasa bersyukur, qana’ah, ridha dan sabar dalam kehidupan
2.6.1 Siswa mampu menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai wujud dari rasa syukur yang ia miliki
·         Observasi
2.6.2 Siswa mampu menunjukkan sikap kesabaran dalam berdiskusi dengan teman
·         Observasi
2.6.3 Siswa mampu menunjukkan sikap kesediaan untuk memberikan kesempatan teman yang ingin berbicara sebagai wujud sikap qana’ah
·         Observasi

A.    PANDUAN OBSERVASI
1.      Lembar Observasi Langsung
Observasi dilakukan secara langsung oleh guru dengan memperhatikan perilaku siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
No
Nama siswa
Aspek penilaian
Skor total
Kedisiplinan
(1)
Ketekunan
(2)
Keaktifan
(3)
Kesopanan
(4)
Tingkat perhatian (5)
1







2







3







4







5







Pedoman Penskoran
Aspek No
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
(1)
a.       Jika siswa sangat disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(2)
a.       Jika siswa sangat tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak tekun saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(3)
a.       Jika siswa sangat aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(4)
a.       Jika siswa sangat sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak sopan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(5)
a.       Jika siswa sangat memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa memperhatikan dalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
Jumlah Skor Total
20
Nilai = jumlah skor total x 5
2.      Lembar Observasi Tidak Langsung
Observasi dilakukan secara tidak langsung oleh guru dengan memerintahkan siswa untuk melakukan penilaian antar teman sekelas.
a.      Lembar Penilaian
Nama             : (nama siswa penilai)
NIS/ Kelas     :
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Skor total
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1










2










3










4










5










                        Keterangan    :
(1)   Keaktifan memberikan pendapat/menyampaikan ide
(2)   Kesediaan menerima pendapat/ide dari teman dalam kelompok
(3)   Kesabaran dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok
(4)   Kemampuan mengambil keputusan dalam kelompok
(5)   Kepedulian terhadap kesulitan terhadap sesama anggota kelompok
(6)   Kesediaan memberikan kesempatan kepada sesama anggota kelompok
(7)   Kemampuan mengorganisir/mengaktifkan kerja kelompok
(8)   Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
b.      Pedoman Penskoran
No Soal
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 8
1)      Jika perilaku temanamat baik, skor 4
2)      Jika perilaku temanbaik, skor 3
3)      Jika perilaku temancukup baik, skor 2
4)      Jika perilaku teman kurang baik, skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 8 = 32
Nilai*       = 
a.       Skor 25 – 32   = A
b.      Skor 17 – 24   = B
c.       Skor    9 – 16  = C
d.      Skor    0 – 8    = D
*Dikonversi oleh guru
B.     WAWANCARA
Wawancara dilakukan secara langsung oleh guru dengan melakukan wawancara langsung terhadap siswa yang bersangkutan tanpa melalui perantara.
1.      Lembar Wawancara
Nama Siswa        :..........................
NIS / Kelas          :..........................
No
Pertanyaan / Aspek Wawancara
Ringkasan Jawaban
Skor
Skor total
1
Apa yang kamu lakukan ketika mendapatkan nilai yang baik di kelas?



2
Bagaimana menurut pendapatmu tentang seseorang yang suka mengeluh?


3
Apa yang kamu lakukan ketika teman-temanmu memiliki sepeda baru, sedang kamu masih tetap menggunakan sepeda yang lama?


4
Apa yang kamu lakukan ketika mendapatkan sebuah musibah berupa sakit sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran di kelas?


5
Bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang pergi ke dukun untuk menggandakan uang sehingga bisa menjadi kaya raya?


2.      Pedoman Penskoran
No Soal
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 5
1)      Jika siswa memberikan jawaban yang sangat logis, dengan alasan yang baik dan benar, serta mudah dipahami maka skor 4
2)      Jika siswa memberikan jawaban yang logis, dengan alasan yang baik dan mudah dipahami, maka skor 3
3)      Jika siswa memberikan jawaban yang kurang logis, dengan alasan yang baik, tapi kurang dapat dipahami, maka skor 2
4)      Jika siswa memberikan jawaban yang tidak logis, dengan alasan yang kurnag tepat dan tidak mudah dipahami, maka skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 5 = 20
Nilai = Jumlah total skor x 5

C.    SKALA SIKAP
1.      Perangkat penilaian sikap
Nama             : ..........................
NIS/ Kelas     : ..........................
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No
Pernyataan
Jawaban
SL
S
K
TP
1
Saya merasa senang ketika mendapatkan nikmat dari Allah




2
Saya mengucapkan hamdalah ketika mendapat nilai yang baik




3
Saya bersedekah sebagai ungkapan syukur saya kepada Allah




4
Saya menerima dan tidak protes ketika diberi uang jajan yang kurang dari biasanya




5
Saya menyadari bahwa sikap menerima (qana’ah) akan membebaskan diri dari sikap rakus dan tamak




6
Saya menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi itu atas kehendak Allah




7
Saya bersikap sabar dalam menjalankan ibadah




8
Saya bersikap sabar dalam meninggalkan maksiat




9
Saya bersikap sabar dalam menghadapi musibah




10
Saya menyadari bahwa sikap sabar akan membawa ketenangan jiwa




Keterangan:
SL = Selalu                       K         = Kadang
S    = Sering                       TP        = Tidak Pernah
2.      PedomanPenskoran
No Soal
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 10
1)      Jika siswa memilih SL, maka skor 4
2)      Jika siswa memilih S, maka skor 3
3)      Jika siswa memilih K, maka skor 2
4)      Jika siswa memilih TP, maka skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 10 = 40

                       Nilai = 
D.    PORTOFOLIO
1.      Lembar Portofolio Berupa Hasil Tes Mandiri Siswa
a.      Instrumen Tes/ Soal
Setelah mempelajari uraian mengenai induk-induk akhlak terpuji berupa syukur, qana’ah, dan sabar, coba kamu amati perilaku-perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan akhlak tersebut. Serta  berikan tanggapan/ komentarmu tentang perilaku yang kamu amati. Kemudian tulis hasil pengamatan dan komentarmu dalam lembar kerja berikut ini!
No
Perilaku yang diamati
Tanggapan / Komentar
1


2


3


4


Tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 22 Mei 2016.
b.      Pedoman Penskoran
No
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang jelas
91 – 100
2
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang kurang jelas
81 – 90
3
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 2 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
71 – 80
4
Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
65 – 70
5
Jika siswa mengumpulkan tugas terlambat/ kurang tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
< 65

2.      Lembar Portofolio Berupa Catatan Prestasi Non-Akademik
No
Nama siswa
Aspek penilaian



Skor total
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1










2










3










4










5










Aspek Penilaian:
(1)   Ketertiban
(2)   Kerajinan
(3)   Kerapihan
(4)   Kejujuran
(5)   Kemampuan kerjasama
(6)   Solidaritas
(7)   Sikap
(8)   Toleransi
Pedoman Penskoran
No Soal
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
1 – 8
5)      Jika perilaku siswa amat baik, skor 4
6)      Jika perilaku siswa baik, skor 3
7)      Jika perilaku siswa cukup baik, skor 2
8)      Jika perilaku siswa kurang baik, skor 1
4
Jumlah skor maksimal
4 x 8 = 32
Nilai         =
e.       Skor 25 – 32   = A
f.       Skor 17 – 24   = B
g.      Skor    9 – 16  = C
h.      Skor    0 – 8    = D
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar