TUGAS UAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
MEMBUAT CONTOH PANDUAN OBSERVASI, WAWANCARA, SKALA SIKAP, LEMBAR PORTOFOLIO
Nama Sekolah :
MA Surakarta
Mata pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas :
X
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Kurikulum :
Kurikulum 2013
|
No
|
KD
|
Indikator
|
Bentuk Tes
|
|
1
|
1.6.
Menghayati makna syukur, qana’ah, ridha, dan sabar
|
1.6.1. Siswa mampu
menunjukkan sikap syukur sebagai bentuk pengamalan ajaran agamanya dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Wawancara
·
Skala sikap
·
Portofolio
|
|
1.6.2. Siswa mampu menunjukkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Wawancara
·
Skala sikap
·
Portofolio
|
||
|
1.6.3. Siswa mampu menunjukkan sikap qana’ah dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Wawancara
·
Skala sikap
·
Portofolio
|
||
|
2
|
2.6. Terbiasa
bersyukur, qana’ah, ridha dan sabar dalam kehidupan
|
2.6.1 Siswa mampu menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai wujud
dari rasa syukur yang ia miliki
|
·
Observasi
|
|
2.6.2 Siswa mampu menunjukkan sikap kesabaran dalam berdiskusi dengan teman
|
·
Observasi
|
||
|
2.6.3 Siswa mampu menunjukkan sikap kesediaan untuk memberikan kesempatan
teman yang ingin berbicara sebagai wujud sikap qana’ah
|
·
Observasi
|
A.
PANDUAN OBSERVASI
1.
Lembar Observasi Langsung
Observasi
dilakukan secara langsung oleh guru dengan memperhatikan perilaku siswa dalam
proses pembelajaran di kelas.
|
Nama siswa
|
Aspek
penilaian
|
Skor total
|
|||||
|
Kedisiplinan
(1)
|
Ketekunan
(2)
|
Keaktifan
(3)
|
Kesopanan
(4)
|
Tingkat
perhatian (5)
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
|
Aspek No
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
(1)
|
a.
Jika siswa sangat
disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa disiplin saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang
disiplin saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak disiplin
saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(2)
|
a.
Jika siswa sangat tekun
saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa tekun saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang tekun
saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak tekun
saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(3)
|
a.
Jika siswa sangat aktif
saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa aktif saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang aktif
saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak aktif
saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(4)
|
a.
Jika siswa sangat sopan
saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa sopan saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang sopan
saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak sopan
saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(5)
|
a.
Jika siswa sangat
memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa memperhatikan
dalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang
memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak
memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
Jumlah Skor Total
|
20
|
|
Nilai = jumlah skor total x 5
2.
Lembar Observasi Tidak
Langsung
Observasi
dilakukan secara tidak langsung oleh guru dengan memerintahkan siswa untuk
melakukan penilaian antar teman sekelas.
a.
Lembar Penilaian
Nama : (nama siswa
penilai)
NIS/ Kelas :
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
Skor total
|
|||||||
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
(1)
Keaktifan memberikan
pendapat/menyampaikan ide
(2)
Kesediaan menerima pendapat/ide dari
teman dalam kelompok
(3)
Kesabaran dalam melaksanakan tugas yang
diberikan kelompok
(4)
Kemampuan mengambil keputusan dalam
kelompok
(5)
Kepedulian terhadap kesulitan terhadap
sesama anggota kelompok
(6)
Kesediaan memberikan kesempatan kepada
sesama anggota kelompok
(7)
Kemampuan mengorganisir/mengaktifkan
kerja kelompok
(8)
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
b.
Pedoman Penskoran
|
No Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
1 – 8
|
1) Jika perilaku temanamat baik, skor 4
2) Jika perilaku temanbaik, skor 3
3) Jika perilaku temancukup baik, skor 2
4) Jika perilaku teman kurang baik, skor 1
|
4
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 8 = 32
|
|
Nilai* =
a. Skor 25 – 32 =
A
b. Skor 17 – 24 =
B
c. Skor 9
– 16 = C
d. Skor 0
– 8 = D
*Dikonversi oleh guru
B.
WAWANCARA
Wawancara
dilakukan secara langsung oleh guru dengan melakukan wawancara langsung
terhadap siswa yang bersangkutan tanpa melalui perantara.
1.
Lembar Wawancara
Nama Siswa :..........................
NIS / Kelas :..........................
|
No
|
Pertanyaan / Aspek
Wawancara
|
Ringkasan Jawaban
|
Skor
|
Skor total
|
|
1
|
Apa yang kamu lakukan ketika
mendapatkan nilai yang baik di kelas?
|
|
|
|
|
2
|
Bagaimana menurut pendapatmu tentang
seseorang yang suka mengeluh?
|
|
|
|
|
3
|
Apa yang kamu lakukan ketika
teman-temanmu memiliki sepeda baru, sedang kamu masih tetap menggunakan
sepeda yang lama?
|
|
|
|
|
4
|
Apa yang kamu lakukan ketika
mendapatkan sebuah musibah berupa sakit sehingga tidak dapat mengikuti
pelajaran di kelas?
|
|
|
|
|
5
|
Bagaimana pendapatmu tentang seseorang
yang pergi ke dukun untuk menggandakan uang sehingga bisa menjadi kaya raya?
|
|
|
2.
Pedoman Penskoran
|
No Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
1 – 5
|
1) Jika siswa memberikan jawaban yang sangat logis, dengan alasan yang baik
dan benar, serta mudah dipahami maka skor 4
2) Jika siswa memberikan jawaban yang logis, dengan alasan yang baik dan
mudah dipahami, maka skor 3
3) Jika siswa memberikan jawaban yang kurang logis, dengan alasan yang baik,
tapi kurang dapat dipahami, maka skor 2
4) Jika siswa memberikan jawaban yang tidak logis, dengan alasan yang kurnag
tepat dan tidak mudah dipahami, maka skor 1
|
4
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 5 = 20
|
|
Nilai = Jumlah total skor x 5
C.
SKALA SIKAP
1.
Perangkat penilaian sikap
Nama :
..........................
NIS/ Kelas : ..........................
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang tersedia sesuai dengan
perilaku kalian!
|
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
|||
|
SL
|
S
|
K
|
TP
|
||
|
1
|
Saya merasa senang ketika mendapatkan nikmat dari Allah
|
|
|
|
|
|
2
|
Saya mengucapkan hamdalah ketika mendapat nilai yang baik
|
|
|
|
|
|
3
|
Saya bersedekah sebagai ungkapan syukur saya kepada Allah
|
|
|
|
|
|
4
|
Saya menerima dan tidak protes ketika diberi uang jajan yang kurang dari
biasanya
|
|
|
|
|
|
5
|
Saya menyadari bahwa sikap menerima (qana’ah) akan membebaskan diri dari
sikap rakus dan tamak
|
|
|
|
|
|
6
|
Saya menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi itu atas kehendak Allah
|
|
|
|
|
|
7
|
Saya bersikap sabar dalam menjalankan ibadah
|
|
|
|
|
|
8
|
Saya bersikap sabar dalam meninggalkan maksiat
|
|
|
|
|
|
9
|
Saya bersikap sabar dalam menghadapi musibah
|
|
|
|
|
|
10
|
Saya menyadari bahwa sikap sabar akan membawa ketenangan jiwa
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL = Selalu K =
Kadang
S = Sering TP =
Tidak Pernah
2. PedomanPenskoran
|
No Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
1 – 10
|
1) Jika siswa memilih SL, maka skor 4
2) Jika siswa memilih S, maka skor 3
3) Jika siswa memilih K, maka skor 2
4) Jika siswa memilih TP, maka skor 1
|
4
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 10 = 40
|
|
Nilai = 
D.
PORTOFOLIO
1.
Lembar Portofolio Berupa Hasil
Tes Mandiri Siswa
a.
Instrumen Tes/ Soal
Setelah
mempelajari uraian mengenai induk-induk akhlak terpuji berupa syukur, qana’ah,
dan sabar, coba kamu amati perilaku-perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan akhlak tersebut. Serta
berikan tanggapan/ komentarmu tentang perilaku yang kamu amati. Kemudian
tulis hasil pengamatan dan komentarmu dalam lembar kerja berikut ini!
|
No
|
Perilaku yang
diamati
|
Tanggapan / Komentar
|
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
Tugas
dikumpulkan paling lambat tanggal 22 Mei 2016.
b.
Pedoman Penskoran
|
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
1
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang jelas
|
91 – 100
|
|
2
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 3 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar yang kurang jelas
|
81 – 90
|
|
3
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 2 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
|
71 – 80
|
|
4
|
Jika siswa dapat
mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
|
65 – 70
|
|
5
|
Jika siswa mengumpulkan
tugas terlambat/ kurang tepat waktu, memberikan minimal 1 contoh pada setiap
sikap, disertai dengan tanggapan/ komentar
|
< 65
|
2. Lembar Portofolio Berupa Catatan Prestasi
Non-Akademik
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek
penilaian
|
|
|
|
Skor total
|
||||
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek Penilaian:
(1) Ketertiban
(2) Kerajinan
(3) Kerapihan
(4) Kejujuran
(5) Kemampuan kerjasama
(6) Solidaritas
(7) Sikap
(8) Toleransi
Pedoman Penskoran
|
No Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
1 – 8
|
5) Jika perilaku siswa amat baik, skor 4
6) Jika perilaku siswa baik, skor 3
7) Jika perilaku siswa cukup baik, skor 2
8) Jika perilaku siswa kurang baik, skor 1
|
4
|
|
Jumlah skor
maksimal
|
4 x 8 = 32
|
|
Nilai =
e. Skor 25 – 32 =
A
f. Skor 17 – 24 =
B
g. Skor 9
– 16 = C
h. Skor 0
– 8 = D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar