Minggu, 07 Agustus 2016

TUGAS AKHIR: ANALISIS SOAL RASIONAL


Text Box: Nama  : Noviana Ummi I
NIM/ Kelas : 133111395/ 6K
TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
ANALISIS SOAL ESSAY
Nama Sekolah             : MA Surakarta
Mata pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas                           : X
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
Kurikulum                   : kurikulum 2013
No
KD
Indikator
Materi
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3. 6. Memahami makna syukur, qana’ah, rida, dan sabar
3.6.1. Siswa dapatmenjelaskan pengertian bersyukur
Pengertian bersyukur
Essay
1
3.6.2. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk bersyukur
Bentuk-bentuk bersyukur
Essay
3
3.6.3. Siswa dapat menyebutkan hikmah dan manfaat bersyukur
Hikmah dan manfaat bersyukur
Essay
5
3.6.4. Siswa dapat menjelaskan pengertian Qana’ah
Pengertian Qana’ah
Essay
7
3.6.5.  Siswa dapat menjelaskan fungsi Qana’ah dalam kehidupan
Fungsi Qana’ah dalam kehidupan
Essay
9, 10
3.6.6. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sifat qana’ah

Keutamaan Qana’ah
Essay
4
3.6.7. Siswa dapat menjelaskan pengertian sabar
Pengertian sabar
Essay
6
3.6.8. Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar
Bentuk-bentuk sabar
Essay
2
3.6.9. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sabar
Keutamaan sabar
Essay
8

A.    BENTUK SOAL:
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Apa pengertian bersyukur itu? Jelaskan secara singkat.
2.      Ada beberapa bentuk sifat sabar, sebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari!
3.      Ada 3 bentuk bersyukur, jelaskan secara singkat bentuk-bentuk sikap syukur tersebut!
4.      Sebutkan 5 keutamaan orang yang memiliki sifat qana’ah!
5.      Sebutkan 3 hikmah dan manfaat yang akan didapatkan jika kita banyak bersyukur.
6.      Jelaskan pengertian dari sikap sabar.
7.      Jelaskan pengertian dari sikap qana’ah.
8.      Sebutkan keutamaan orang yang memiliki sifat sabar!
9.      Apa yang disebut dengan fungsi qana’ah sebagai stabilisator? Jelaskan pendapatmu.
10.  Apa yang disebut dengan fungsi qana’ah sebagai dinamisator? Jelaskan pendapatmu.

B.     KUNCI JAWABAN
1.      Syukur berarti berterima kasih kepada kepada Allah Swt. sedangkan dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti ucapan dari perasaan senang, bahagia, melegakan ketika mengalami suatu kejadian yang  baik. Secara istilah, syukur merupakan suatu tindakan, ucapan, perasaan senang, bahagia, lega atas nikmat yang telah dirasakan, didapatkan, dari Allah Swt.
2.      Contoh bentuk-bentuk kesabaran dalam kehidupan sehari-hari:
a.       Sabar dalam melaksanakan ibadah: contoh ketika kita sedang shalat, kita bersabar dalam mengerjakannya, maka shalat tersebut kita laksanakan dengan khusyu’. Demikian pula orang yang ingin menunaikan ibadah haji ia mesti sabar untuk menabung sedikit demi sedikit dan siap mental dalam melaksanakannya.
b.      Sabar dalam meninggalkan maksiat: tidak menyontek saat ujian meskipun ada kesempatan untuk melakukan perbuatan tersebut, tidak mencuri, tidak mendekati zina, meninggalkan minum-minuman keras.
c.       Sabar dalam menghadapi musibah: tetap bersabar ketika sakit, bersabar ketika dilanda bencana, bersabar ketika ditinggal oleh orang-orang dekat.
3.      Bentuk-bentuk syukur:
a.       Bersyukur dengan hati, yaitu mengakui dan menyadari dengan sepenuh hati bahwa segala nikmat yang diperoleh berasal dari Allah Swt. dan tiada seseorang pun selain Allah Swt. yang dapat memberikan nikmat itu.
b.      Bersyukur dengan lisan, yaitu mengucapkan secara jelas ungkapan rasa syukur itu dengan do’a atau mengucap kalimat tayyibah(hamdalah).
c.        Bersyukur dengan amal perbuatan, yaitu menggunakan nikmat yang telah  Allah berikan dalam bentuk amal perbuatan, seperti shalat dan bersedekah.
4.      Keutamaan sifat qana’ah:
a.       Bersabar dan berlapang dada apabila gagal dan jauh dari sifat frustasi;
b.      Memiliki hati yang tenteram dan damai;
c.       Merasa kaya dan berkecukupan;
d.      Membebaskan diri dari sikap rakus dan tamak;
e.       Hidup hemat, tidak bergaya hidup lebih besar pasak daripada tiang;
f.       Menyadari bahwa harta berfungsi sebagai bekal ibadah.
g.      Menyadari bahwa kaya dan miskin itu tidak terletak pada harta, tetapi pada hati.
5.      Hikmah dan Manfaat Syukur
a.         Membuat seseorang bahagia karena apa yang ia dapatkan akan membawa manfaat bagi ia dan orang-orang sekitarnya.
b.        Allah akan menambah nikmat yang ia peroleh sesuai dengan janji Allah Swt.. dan akan terhindar dari siksa nereka yang amat pedih.
c.         Orang yang pandai bersyukur akan disukai oleh banyak orang, karena ia adalah orang yang pandai berterima kasih terhadap sesama.
6.      Sabar adalah menerima segala sesuatu yang terjadi dengan senang hati. Orang yang sabar/ridla menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi itu merupakan kehendak Allah dan menerimanya dengan hati yang lapang.
7.      Qana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang. Akan tetapi, qona’ah bukan berarti pula hidup santai, malas bekerja, tidak kreatif, statis dan tidak mau menerima perubahan. Sebaliknya, orang yang mempunyai sifat qana’ah akan tetap giat berusaha.
8.      Keutamaan Sabar
a.         Orang yang sabar akan berhasil dalam meraih cita-citanya, ia akan memiliki jiwa yang kuat dan tahan uji menghadapi berbagai persoalan hidup.
b.        Orang yang sabar akan dicintai  Allah dan sebaliknya orang yang tidak sabar tidak dicintai  Allah bahkan justru diperintahkan mencari Tuhan selain  Allah.
c.         Orang yang sabar akan tenang, karena sesungguhnya sikap sabar dan ridha adalah mencerminkan puncak ketenangan jiwa seseorang.
9.      Fungsi qana’ah sebagai stabilisator, maksudnya apabila seorang muslim telah memiliki sifat qana’ah, maka ia akan selalu berhati tenteram, berlapang dada, merasa puas dengan apa yang dimilikinya, merasa kaya dan terhindar dari sifat rakus, serakah dan tamak.
10.  Funsi qana’ah sebagai dinamisator, maksudnya apabila seorang muslim telah memiliki sifat qana’ah maka ia akan mempunyai kekuatan batin yang selalu mendorong untuk mencapai kemajuan hidup berdasarkan keadaan dan kekuatan yang dimilikinya dengan tetap bergantung kepada kehendak dan karunia  Allah swt.
C.    RUBRIK PENILAIAN/ PEDOMAN PENSKORAN
No. soal
Kriteria Penilaian
Skor
1
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata terima kasih kepada Allah, tindakan, ucapan, perasaan senang, atas nikmat Allah), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
2
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal menyebutkan bentuk sabar (melaksanakan ibadah, meninggalkan maksiat, menghadapi musibah), dan memberikan minimal 5 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan memberikan minimal 4 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan memberikan minimal 3 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan memberikan minimal 2 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
3
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal menyebutkan 3 bentuk syukur (hati, lisan, perbuatan), ada kata wujud syukur, merasa senang, mengucap kalimat tayyibah, beribadah, atas nikmat Allah), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
4
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan sangat lengkap dan sempurna (minimal menyebutkan 5 keutamaan qana’ah), maka skor 5.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna (minimal menyebutkan 4 keutamaan qana’ah), maka skor 4.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban hampir lengkap (minimal menyebutkan 3 keutamaan qana’ah), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 keutamaan qana’ah), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
5
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan sangat lengkap dan sempurna, maka skor 5.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna, maka skor 4.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban hampir lengkap, skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
6
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata menerima, dengan senang hati, kehendak Allah, ridla, menyadari, hati lapang), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
7
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata rela menerima, merasa cukup, puas, tidak merasa kurang, tetap giat dalam usaha), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
8
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban dengan sangat lengkap dan sempurna, maka skor 5.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna, maka skor 4.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan jawaban hampir lengkap, skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
9
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata berhati tenteram, lapang dada, merasa puas, merasa kaya, tidak rakus/ tamak), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
5
10
a.       Jika peserta didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kekuatan, batin, mendorong, kemajuan, sesuai kemampuan, dantetap bergantung pada Allah), skor 5
b.      Jika peserta didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 4
c.       Jika peserta didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 3.
d.      Jika peserta didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada butir (a) di atas), skor 2.
e.       Jika peserta didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.

Nilai Akhir : Jumlah total skor x 2

D.    ANALISIS SOAL (RASIONAL)
Analisis soal dilakukan dengan cara rasional, maksudnya yaitu soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, dan  bahasa. Berikut ini adalah uraian analisis soal di atas:
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.      Apa pengertian bersyukur itu? Jelaskan secara singkat.
No Soal
                                Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
1
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

2.      Ada beberapa bentuk sifat sabar, sebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
2
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian

V
4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

3.      Ada 3 bentuk bersyukur, jelaskan secara singkat bentuk-bentuk sikap syukur tersebut!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
3
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

4.      Sebutkan 5 keutamaan orang yang memiliki sifat qana’ah!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
4
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

5.      Sebutkan 3 hikmah dan manfaat yang akan didapatkan jika kita banyak bersyukur.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
5
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

6.      Jelaskan pengertian dari sikap sabar.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
6
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

7.      Jelaskan pengertian dari sikap qana’ah.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
7
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

8.      Sebutkan keutamaan orang yang memiliki sifat sabar!
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
8
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V

9.      Apa yang disebut dengan fungsi qana’ah sebagai stabilisator? Jelaskan pendapatmu.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
9
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.     KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V


10.  Apa yang disebut dengan fungsi qana’ah sebagai dinamisator? Jelaskan pendapatmu.
No Soal
Aspek yang ditelaah
YA
TIDAK
10
A.    MATERI


1.      Soal sesuai dengan indikator
V

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas
V

3.      Isi materi sesuai dengan tujuan tes
V

4.      Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan kelas
V

B.     BAHASA


1.      Rumusan kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
V

2.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
V

3.      Ada pedoman penskoran
V

4.      Gambar, grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

V
C.    KONSTRUKSI


1.      Rumusan kalimat soal komunikatif
V

2.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
V

3.      Tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
V

4.      Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
V

5.      Tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
V


Tidak ada komentar:

Posting Komentar