TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PAI 2
ANALISIS SOAL ESSAY
Nama Sekolah :
MA Surakarta
Mata pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas :
X
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
Kurikulum :
kurikulum 2013
|
No
|
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
|
1
|
3. 6.
Memahami makna syukur, qana’ah, rida, dan sabar
|
3.6.1. Siswa
dapatmenjelaskan pengertian bersyukur
|
Pengertian
bersyukur
|
Essay
|
1
|
|
3.6.2. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk bersyukur
|
Bentuk-bentuk
bersyukur
|
Essay
|
3
|
||
|
3.6.3. Siswa dapat menyebutkan hikmah dan manfaat bersyukur
|
Hikmah dan
manfaat bersyukur
|
Essay
|
5
|
||
|
3.6.4. Siswa dapat menjelaskan pengertian Qana’ah
|
Pengertian
Qana’ah
|
Essay
|
7
|
||
|
3.6.5. Siswa dapat menjelaskan
fungsi Qana’ah dalam kehidupan
|
Fungsi
Qana’ah dalam kehidupan
|
Essay
|
9, 10
|
||
|
3.6.6. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sifat
qana’ah
|
Keutamaan
Qana’ah
|
Essay
|
4
|
||
|
3.6.7. Siswa dapat menjelaskan pengertian sabar
|
Pengertian
sabar
|
Essay
|
6
|
||
|
3.6.8.
Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar
|
Bentuk-bentuk
sabar
|
Essay
|
2
|
||
|
3.6.9. Siswa dapat menyebutkan keutamaan sabar
|
Keutamaan
sabar
|
Essay
|
8
|
A.
BENTUK SOAL:
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan
tepat!
1.
Apa pengertian bersyukur
itu? Jelaskan secara singkat.
2.
Ada beberapa bentuk sifat
sabar, sebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari!
3. Ada 3 bentuk
bersyukur, jelaskan secara singkat bentuk-bentuk sikap syukur tersebut!
4. Sebutkan 5
keutamaan orang yang memiliki sifat qana’ah!
5. Sebutkan 3
hikmah dan manfaat yang akan didapatkan jika kita banyak bersyukur.
6. Jelaskan
pengertian dari sikap sabar.
7. Jelaskan
pengertian dari sikap qana’ah.
8. Sebutkan
keutamaan orang yang memiliki sifat sabar!
9. Apa yang disebut
dengan fungsi qana’ah sebagai stabilisator? Jelaskan pendapatmu.
10. Apa yang disebut
dengan fungsi qana’ah sebagai dinamisator? Jelaskan pendapatmu.
B.
KUNCI JAWABAN
1.
Syukur berarti berterima
kasih kepada kepada Allah Swt. sedangkan dalam Kamus Bahasa Indonesia
berarti ucapan dari perasaan senang, bahagia, melegakan ketika mengalami suatu
kejadian yang baik. Secara istilah, syukur
merupakan suatu tindakan, ucapan, perasaan senang, bahagia, lega atas nikmat
yang telah dirasakan, didapatkan, dari Allah Swt.
2.
Contoh bentuk-bentuk
kesabaran dalam kehidupan sehari-hari:
a.
Sabar dalam melaksanakan
ibadah: contoh ketika kita sedang shalat, kita bersabar dalam mengerjakannya, maka
shalat tersebut kita laksanakan dengan khusyu’. Demikian pula orang yang ingin
menunaikan ibadah haji ia mesti sabar untuk menabung sedikit demi sedikit dan
siap mental dalam melaksanakannya.
b.
Sabar dalam meninggalkan
maksiat: tidak menyontek saat ujian meskipun ada kesempatan untuk melakukan
perbuatan tersebut, tidak mencuri, tidak mendekati zina, meninggalkan
minum-minuman keras.
c.
Sabar dalam menghadapi
musibah: tetap bersabar ketika sakit, bersabar ketika dilanda bencana, bersabar
ketika ditinggal oleh orang-orang dekat.
3.
Bentuk-bentuk syukur:
a.
Bersyukur dengan hati,
yaitu mengakui dan menyadari dengan sepenuh hati bahwa segala nikmat yang
diperoleh berasal dari Allah Swt. dan tiada seseorang pun selain Allah Swt. yang
dapat memberikan nikmat itu.
b.
Bersyukur dengan lisan,
yaitu mengucapkan secara jelas ungkapan rasa syukur itu dengan do’a atau
mengucap kalimat tayyibah(hamdalah).
c.
Bersyukur dengan amal perbuatan, yaitu
menggunakan nikmat yang telah Allah
berikan dalam bentuk amal perbuatan, seperti shalat dan bersedekah.
4.
Keutamaan sifat qana’ah:
a.
Bersabar dan berlapang dada
apabila gagal dan jauh dari sifat frustasi;
b.
Memiliki hati yang tenteram
dan damai;
c.
Merasa kaya dan
berkecukupan;
d.
Membebaskan diri dari sikap
rakus dan tamak;
e.
Hidup hemat, tidak bergaya
hidup lebih besar pasak daripada tiang;
f.
Menyadari bahwa harta
berfungsi sebagai bekal ibadah.
g.
Menyadari bahwa kaya dan
miskin itu tidak terletak pada harta, tetapi pada hati.
5. Hikmah dan
Manfaat Syukur
a.
Membuat seseorang bahagia
karena apa yang ia dapatkan akan membawa manfaat bagi ia dan orang-orang
sekitarnya.
b.
Allah akan menambah nikmat
yang ia peroleh sesuai dengan janji Allah Swt.. dan akan terhindar dari siksa
nereka yang amat pedih.
c.
Orang yang pandai bersyukur
akan disukai oleh banyak orang, karena ia adalah orang yang pandai berterima
kasih terhadap sesama.
6. Sabar adalah
menerima segala sesuatu yang terjadi dengan senang hati. Orang yang sabar/ridla
menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi itu merupakan kehendak Allah dan
menerimanya dengan hati yang lapang.
7. Qana’ah adalah
sikap rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki serta menjauhkan
diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang. Akan tetapi,
qona’ah bukan berarti pula hidup santai, malas bekerja, tidak kreatif, statis
dan tidak mau menerima perubahan. Sebaliknya, orang yang mempunyai sifat qana’ah
akan tetap giat berusaha.
8.
Keutamaan Sabar
a.
Orang yang sabar akan
berhasil dalam meraih cita-citanya, ia akan memiliki jiwa yang kuat dan tahan
uji menghadapi berbagai persoalan hidup.
b.
Orang yang sabar akan
dicintai Allah dan sebaliknya orang yang
tidak sabar tidak dicintai Allah bahkan
justru diperintahkan mencari Tuhan selain
Allah.
c.
Orang yang sabar akan
tenang, karena sesungguhnya sikap sabar dan ridha adalah mencerminkan puncak
ketenangan jiwa seseorang.
9. Fungsi qana’ah
sebagai stabilisator, maksudnya apabila seorang muslim telah memiliki sifat
qana’ah, maka ia akan selalu berhati tenteram, berlapang dada, merasa puas
dengan apa yang dimilikinya, merasa kaya dan terhindar dari sifat rakus,
serakah dan tamak.
10. Funsi qana’ah
sebagai dinamisator, maksudnya apabila seorang muslim telah memiliki sifat
qana’ah maka ia akan mempunyai kekuatan batin yang selalu mendorong untuk
mencapai kemajuan hidup berdasarkan keadaan dan kekuatan yang dimilikinya
dengan tetap bergantung kepada kehendak dan karunia Allah swt.
C.
RUBRIK PENILAIAN/ PEDOMAN
PENSKORAN
|
No. soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata terima kasih
kepada Allah, tindakan, ucapan, perasaan senang, atas nikmat Allah), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
5
|
|
2
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal menyebutkan bentuk
sabar (melaksanakan ibadah, meninggalkan maksiat, menghadapi musibah), dan
memberikan minimal 5 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan
memberikan minimal 4 contoh dari bentuk-bentuk sabar), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan memberikan
minimal 3 contoh dari bentuk-bentuk sabar),
skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan bentuk sabar, dan memberikan
minimal 2 contoh dari bentuk-bentuk sabar),
skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban, skor 1.
|
5
|
|
3
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal menyebutkan 3 bentuk
syukur (hati, lisan, perbuatan), ada kata wujud syukur, merasa senang,
mengucap kalimat tayyibah, beribadah, atas nikmat Allah), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
5
|
|
4
|
a.
Jika peserta
didik dapat menuliskan jawaban
dengan sangat lengkap dan sempurna (minimal menyebutkan 5 keutamaan qana’ah), maka skor 5.
b.
Jika peserta
didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna (minimal menyebutkan 4 keutamaan qana’ah), maka skor 4.
c.
Jika peserta
didik dapat menuliskan jawaban hampir
lengkap (minimal menyebutkan 3 keutamaan qana’ah),
skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menuliskan tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 keutamaan qana’ah), skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
5
|
|
5
|
a.
Jika peserta didik
dapat menuliskan jawaban dengan sangat lengkap dan
sempurna, maka skor 5.
b.
Jika peserta
didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna, maka skor
4.
c.
Jika peserta
didik dapat menuliskan jawaban hampir
lengkap, skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2.
e. Jika peserta didik kurang tepat
menuliskan jawaban, skor 1.
|
5
|
|
6
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata menerima,
dengan senang hati, kehendak Allah, ridla, menyadari, hati lapang), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e. Jika peserta didik kurang tepat
menuliskan jawaban, skor 1.
|
5
|
|
7
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata rela menerima,
merasa cukup, puas, tidak merasa kurang, tetap giat dalam usaha), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e. Jika peserta didik kurang tepat
menuliskan jawaban, skor 1.
|
5
|
|
8
|
a.
Jika peserta
didik dapat menuliskan jawaban
dengan sangat lengkap dan sempurna, maka skor 5.
b.
Jika peserta
didik dapat menuliskan dengan lengkap dan kurang sempurna, maka skor
4.
c.
Jika peserta
didik dapat menuliskan jawaban hampir
lengkap, skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
5
|
|
9
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kata berhati
tenteram, lapang dada, merasa puas, merasa kaya, tidak rakus/ tamak), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
5
|
|
10
|
a.
Jika peserta
didik dapat menjawab dengan sangat lengkap dan benar (minimal ada kekuatan, batin, mendorong,
kemajuan, sesuai kemampuan, dantetap bergantung pada Allah), skor 5
b.
Jika peserta
didik dapat menjawab lengkap dan benar (minimal menyebutkan 4 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 4
c.
Jika peserta
didik dapat menjawab kurang lengkap (minimal menyebutkan 3 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 3.
d.
Jika peserta
didik dapat menjawab tidak lengkap (minimal menyebutkan 2 poin dari kriteria pada
butir (a) di atas), skor 2.
e.
Jika peserta
didik kurang tepat menuliskan jawaban,
skor 1.
|
|
Nilai Akhir : Jumlah total skor x 2
D.
ANALISIS SOAL (RASIONAL)
Analisis soal dilakukan dengan cara
rasional, maksudnya yaitu soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, dan bahasa. Berikut ini adalah uraian analisis
soal di atas:
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan
tepat!
1.
Apa pengertian bersyukur
itu? Jelaskan secara singkat.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
1
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
2.
Ada beberapa bentuk sifat
sabar, sebutkan contoh bentuk-bentuk sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari!
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
2
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
|
V
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
3.
Ada 3 bentuk bersyukur,
jelaskan secara singkat bentuk-bentuk sikap syukur tersebut!
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
3
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
4.
Sebutkan 5 keutamaan orang
yang memiliki sifat qana’ah!
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
4
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
5.
Sebutkan 3 hikmah dan
manfaat yang akan didapatkan jika kita banyak bersyukur.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
5
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1. Rumusan
kalimat soal atau petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang
menuntut jawaban terurai
|
V
|
|
|
|
2. Ada petunjuk
yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3. Ada pedoman
penskoran
|
V
|
|
|
|
4. Gambar,
grafik, tabel, dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
6.
Jelaskan pengertian dari
sikap sabar.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
6
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
7.
Jelaskan pengertian dari
sikap qana’ah.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
7
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
8.
Sebutkan keutamaan orang
yang memiliki sifat sabar!
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
8
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan kata/kalimat
yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
9.
Apa yang disebut dengan
fungsi qana’ah sebagai stabilisator? Jelaskan pendapatmu.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
9
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
10. Apa yang disebut
dengan fungsi qana’ah sebagai dinamisator? Jelaskan pendapatmu.
|
No Soal
|
Aspek yang
ditelaah
|
YA
|
TIDAK
|
|
10
|
A.
MATERI
|
|
|
|
1.
Soal sesuai dengan
indikator
|
V
|
|
|
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang diharapkan jelas
|
V
|
|
|
|
3.
Isi materi sesuai dengan
tujuan tes
|
V
|
|
|
|
4.
Isi materi sesuai dengan
jenjang, jenis sekolah, dan kelas
|
V
|
|
|
|
B.
BAHASA
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal atau
petanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban
terurai
|
V
|
|
|
|
2.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
|
V
|
|
|
|
3.
Ada pedoman penskoran
|
V
|
|
|
|
4.
Gambar, grafik, tabel,
dan sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
|
|
V
|
|
|
C.
KONSTRUKSI
|
|
|
|
|
1.
Rumusan kalimat soal
komunikatif
|
V
|
|
|
|
2.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
V
|
|
|
|
3.
Tidak menggunakan
kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
|
V
|
|
|
|
4.
Tidak menggunakan bahasa
lokal/daerah
|
V
|
|
|
|
5.
Tidak mengandung
kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik
|
V
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar