Minggu, 07 Agustus 2016

TUGAS AKHIR: PENILAIAN KETRAMPILAN


A.    PENILAIAN KETRAMPILAN
KD                  = 4.6. Menunjukkan contoh perilaku bersyukur, qana’ah, dan sabar
Indikator        = 4.6.1. Siswa mampu menunjukkan contoh perilaku bersyukur
1.6.2.      Siswa mampu menunjukkan contoh perilaku qana’ah
1.6.3.      Siswa mampu menunjukkan contoh perilaku bersabar
1.      Lembar Penilaian
Penilaian dilaksanakan dengan tekhnik penilaian berupa unjuk kerja. Siswa diminta untuk berkelompok dan membuat drama (bermain peran) singkat mengenai perilaku-perilaku yang mencerminkan sikap syukur, qana’ah, dan sabar di depan kelas. Kemudian kelompok lain diminta untuk menanggapi/ memberikan komentar terhadap penampilan temannya di depan kelas.
Penilaian dilakukan oleh guru dengan mengamati unjuk kerja siswa di depan kelas.
No
Nama siswa
Aspek penilaian
Skor total
Sikap syukur
(1)
Sikap sabar
(2)
Sikap qana’ah
(3)
Pendalaman karakter
(4)
Tingkat perhatian (5)
1







2







3







4







5








2.      Pedoman / Rubrik Penilaian
Aspek No
Kriteria Penilaian
Skor maksimal
(1)
a.       Jika siswa sangat bersyukur saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa menunjukkan sikap syukur saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang bersyukur saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak mampu menunjukkan sikap bersyukur saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(2)
a.       Jika siswa sangat sabar saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa sabar saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang sabar saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak sabar saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(3)
a.       Jika siswa menunjukkan sikapqana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa qana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang menunjukkan sikap qana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak menunjukkan sikap qana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
(4)
a.       Jika siswa sangat mampu mendalami karakter saat bermain peran, skor 4
b.      Jika siswa mampu mendalami karakter saat bermain peran, skor 3
c.       Jika siswa kurang mampu mendalami karakter saat bermain peran, skor 2
d.      Jika siswa tidak mampu mendalami karakter saat bermain peran, skor 1
4
(5)
a.       Jika siswa sangat memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.      Jika siswa memperhatikan dalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.       Jika siswa kurang memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.      Jika siswa tidak memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
4
Jumlah Skor Total
20


Tidak ada komentar:

Posting Komentar