A.
PENILAIAN KETRAMPILAN
KD = 4.6. Menunjukkan contoh
perilaku bersyukur, qana’ah, dan sabar
Indikator = 4.6.1. Siswa mampu menunjukkan contoh
perilaku bersyukur
1.6.2.
Siswa mampu menunjukkan
contoh perilaku qana’ah
1.6.3.
Siswa mampu menunjukkan
contoh perilaku bersabar
1.
Lembar Penilaian
Penilaian dilaksanakan dengan tekhnik
penilaian berupa unjuk kerja. Siswa diminta untuk berkelompok dan membuat drama
(bermain peran) singkat mengenai perilaku-perilaku yang mencerminkan sikap
syukur, qana’ah, dan sabar di depan kelas. Kemudian kelompok lain diminta untuk
menanggapi/ memberikan komentar terhadap penampilan temannya di depan kelas.
Penilaian
dilakukan oleh guru dengan mengamati unjuk kerja siswa di depan kelas.
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek
penilaian
|
Skor total
|
||||
|
Sikap syukur
(1)
|
Sikap sabar
(2)
|
Sikap qana’ah
(3)
|
Pendalaman
karakter
(4)
|
Tingkat
perhatian (5)
|
|||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pedoman / Rubrik Penilaian
|
Aspek No
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor maksimal
|
|
(1)
|
a.
Jika siswa sangat bersyukur
saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa menunjukkan
sikap syukur saat mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang bersyukur
saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak mampu
menunjukkan sikap bersyukur saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(2)
|
a.
Jika siswa sangat sabar
saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa sabar saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang sabar saat
mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak sabar
saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(3)
|
a.
Jika siswa menunjukkan
sikapqana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa qana’ah saat
mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang menunjukkan
sikap qana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak menunjukkan
sikap qana’ah saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
(4)
|
a.
Jika siswa sangat mampu
mendalami karakter saat bermain peran, skor 4
b.
Jika siswa mampu
mendalami karakter saat bermain peran, skor 3
c.
Jika siswa kurang mampu
mendalami karakter saat bermain peran, skor 2
d.
Jika siswa tidak mampu
mendalami karakter saat bermain peran, skor 1
|
4
|
|
(5)
|
a.
Jika siswa sangat
memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran, skor 4
b.
Jika siswa memperhatikan
dalam mengikuti pembelajaran, skor 3
c.
Jika siswa kurang
memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 2
d.
Jika siswa tidak
memperhatikan saat mengikuti pembelajaran, skor 1
|
4
|
|
Jumlah Skor Total
|
20
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar